oleh

Pusat Industri Pangan Luwu Siap Dilaunching di Hari Jadi Belopa

LuwuRayaNews.id, Luwu | Pusat industri pengolahan pangan di Kabupaten Luwu, dijadwalkan akan dilaunching pada Hari Jadi Belopa ke-13, 13 Februari 2019 mendatang.

Pusat industri kecil menengah (IKM) yang diberi nama Sentra IKM Barambing di Desa Buntu Kunyi Kecamatan Suli, Kabupaten Luwu itu rencananya akan diresmikan Menteri Perdagangan (Mendag) Airlangga Hartanto.

Bupati Luwu, HA Mudzakkar, Senin 21 Januari 2019, mengatakan, dalam sentra IKM itu, terdapat 15 rumah produksi, galeri, gedung pengelola, gudang, dan masjid.

Sentra IKM yang menelan APBN sekitar Rp30 miliar lebih itu diperuntukkan bagi IKM yang telah ada selama ini.

“Mereka yang akan menempati rumah produksi itu adalah mereka yang telah ada usahanya selama ini. Satu rumah produksi akan diberikan satu produk,” jelasnya.

Cakka, sapaan akrab Andi Mudzakkar, menjelaskan, bagi IKM yang diberi tempat, sisa masuk dengan membawa peralatan.

“Hasil dari apa yang diproduksi itu sentra IKM ini akan dipamerkan di galeri. Selebihnya akan dipasarkan sendiri oleh IKM bersangkutan,” katanya.

Ia mengatakan, karena salah satu masalah yang dihadapi IKM adalah persoalan kemasan, maka di sentra IKM itu juga ada rumah kemasan.

“Di sana akan dibuat kemasan sesuai dengan permintaan IKM yang ada. Sehingga kemasan dari IKM yang kita hasilkan, benar-benar bisa bersaing,” ujarnya.

Cakka juga mengatakan, sentra IKM semacam ini hanya 22 se Indonesia. Sehingga ditarget IKM di Luwu ini bisa menjadi pusat studi banding di Indonesia.

Sentra IKM ini berdiri di atas lahan 1,5 hektar, dengan anggaran sebesar Rp30 miliar.

“Di sini juga rencananya akan kita buatkan ada rest area, atau tempat peristirahatan mobil. Sehingga penumpang bisa belanja di rumah galeri,” ujarnya. (al*)

Redaksi/Editor  albad

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed