Jadi Polemik di Masyarakat Pemeriksaan Jurnalis, Ini Klarifikasi Polres Tana Toraja

0
8

LuwuRayaNews.id, Tana Toraja| Persoalan yang dialami oleh salah satu Journalis di Kabupaten Tana Toraja dengan Wakil Bupati Tana Toraja menjadi perbincangan pro kontra ditengah masyarakat maupun dikalangan Media.

Beberapa menganggap bahwa pemeriksaan salah satu journalist di Tana Toraja mencederai kemerdekaan Pers bahkan tindakan kepolisian dalam kasus tersebut sudah dilaporkan ke Mabes Polri yang menyoroti pemeriksaan dan penyitaan HP sebagai alat bukti.

Menyikapi hal tersebut, Kapolres Tana Toraja AKBP Julianto P. Sirait, SH., S.Ik melalui Paur Humas Ipda Ahmad Muhtar, S.Sos mencoba melakukan klarifikasi terkait dengan pemberitaan-pemberitaan tersebut yang menganggap bahwa hal tersebut terdapat beberapa kekeliruan didalamnya.

Djelaskan Ahmad, Rekan journalis diperiksa bukan karena berita ataupun kegiatan peliputan beritanya namun terkait dengan hal lain yaitu telah mengirimkan foto-foto Wakil Bupati Tana Toraja yang saat itu sedang berada di kantor Bawaslu Tana Toraja kepada salah satu akun facebook Sanda bunga Aisyah yang biasnya menyerang atau berlawanan dengan Wakil Bupati Tana Toraja.

Polres Tana Toraja juga melakukan pemeriksaan berdasarkan laporan pengaduan dari Wakil Bupati Tana Toraja Victor Datuan Batara, SH dengan nomor : B/67/III/2019/SPKT/Polres Tator tanggal 26 maret 2019 perihal pencemaran nama baik melalui media sosial dengan terlapor AP

“Atas dasar Laporan pengaduan tersebut, sehingga penyidik SatReskrim Polres Tana Toraja melakukan pemeriksaan terhadap AP dan untuk penyitaan HP adalah dalam rangka kepentingan penyidikan sebagai upaya tindak lanjut dari aduan Wabup Tana Toraja” ujar Ahmad

Jalannya pemeriksaan terhadap AP, SatReskrim Polres Tana Toraja telah melalui SOP penyidikan serta diperlakukan dengan cara-cara yang santun dengan didampingi oleh salah satu rekan media lainnya bersama Paur Humas Polres Tana Toraja.

“Penyitaan HP milik terlapor AP juga sebetulnya sudah melalui persetujuan dari pemiliknya yang turut disaksikan oleh saya dan rekan media lainnya. Menegaskan juga pesan Kapolres Tana Toraja bahwa Polri bukanlah alat kekuasaan sehingga semua masyarakat mempunyai kedudukan yang sama dimata hukum” tambah Ahmad.

Lp. Jerni

Redaksi | Editor : ant*

Originally posted 2019-03-29 05:19:18.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here