oleh

BUMDes Matimpa Desa Ussu Berdayakan Warga Dan Karang Taruna

LuwuRayaNews.id, Lutim | Penggunaan dana desa mayoritas difokuskan Kepala Desa untuk perbaikan infrastruktur jalan, dan irigasi. Namun berbeda dengan Kades Ussu, Kecamatan Malili, Luwu Timur.

Bumdes Matimpa Desa Ussu, justru lebih masuk ke pemberdayaan yakni bagaimana warga maupun generasi muda tergabung dalam Karang Taruna bisa dilibatkan. Keterlibatan mereka cukup tampak yakni melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Matimpa.

BUMDes yang telah berdiri dengan unit usaha penyewaan alat kebutuhan pesta berupa tenda dan kursi.

Kades Ussu, Rahmat kepada awak media. Minggu (13/10/2019) menyebutkan saat ini pihaknya sudah membentuk dan menjalankan BUMDes.

“Kita bidik penyediaan alat pesta dengan asumsi memenuhi kebutuhan warga kita terlebih dahulu baru nanti keluar,” katanya.

Rahmat mengatakan sudah buat tenda terowongan dan kursi, serra akan ditambahkan beberapa yang masih kurang untuk kebutuhan pesta pada umumnya. Dirinya juga mengaku melibatkan karang taruna.

“Jadi kita libatkan kalau perlu nanti mereka kita libatkan di BUMDes. Inilah salah satu memberdayakan generasi muda,” katanya.

Kades Rahmat menyebutkan, dengan modal anak muda yang punya semangat tinggi akan mencoba beberapa inivasi sebagai bentuk perpanjagan tangan pemerintah Kabupaten Luwu Timur.

“Kita punya sumber daya manusia yakni karang taruna. Dengan itu dirasakan langsung dari segi pemberdayanan masyarakat, yakin anak muda kita lebih mandiri serta sejahtera,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua BUMDes Matimpa Desa Ussu, Andi Narwis, mengakui sangat dilibatkan Kades serta diberdayakannya generasi muda yakni Karang Taruna Desa Usau,” ucapnya.

Lap. Ammar.

Redaksi | Editor : ant albad

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed