oleh

Bantu Fasilitasi ekonomi Masyarakat Desa, PT Vale dukung penguatan BUMDes

LuwuRayaNews.id, Makassar | melalui program pengembangan kawasan perdesaan (PKPM) PT Vale Indonesia tbk fasilitasi penguatan kapasitas BUMDes, agar bisa ikut mendorong roda perekonomian desa dan kebutuhan dasar serta pokok bagi masyarakat desa. Hal tersebut dipaparkan, Laode Muhammad Ichman selaku Senior PPM PT Vale juga salah satu narasumber saat Bimbingan Teknis Manajemen Pengelolaan Kerjasama Desa Angkatan ke II Tngkat Provinsi Sulsel 2019, di Almadera Ex Quality Hotel. Jalan Suba Opu Makassar. Kamis (07/10/2019).

Kepala Desa Balambano, Haerul, saat menyapaikan potensi dan capainnya

Menurut Ichman, agar kerjasama tersebut, kedepan bisa memberi manfaat secara berkelanjutan. “Contohnya mengelola air bersih, Bumdes dapat memberi jasa layanan pengelolaan air bersih sekaligus sumber pendapatan asli desa. Selain itu bidang usaha dibidang jasa dan penyiapan kebutuhan petani dan pasar produk hasil pertanian, dan Vale siap fasilitasi itu,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, lanjut Ichman, bahwa PT Vale berkomitmen berkontribusi, dengan harapan yang sama. “Karena Bumdes roda penggerak ekonomi di desa, jadi program Vale memilih fokus utama, sebab BUMDes entitas sosial dan usaha skala desa yang sifatnya berkembang besar,” terangnya.

Ditambahkan pula, bahwa melalui BKAD desa yang sudah ada, juga memfasilitasi dalam menggali potensi atau program prodak unggulan di desa, dari situlah bisa difailitasi dan kemudian dianalisa, sejauhmana memberikan manfaat di desa. Dan jangan lupa bahwa pengurus BUMdes itu harus mempunyai shift leader. peluang – peluang yang ada dan bisa di kembangkan sesuai kebutuhan yang mendesak bagi masyarakat,” pangkasnya.

Redaksi | Editor : @nt* albadru

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed