oleh

4 Kali Sidang Adjudikasi Sengketa Pemilu, Akhirnya Caleg Ini Memenuhi Syarat

LuwuRayaNews.id, Tator | Setelah melalui sidang adjudikasi di Bawaslu Kabupaten Tana Toraja, terkait sengketa proses pemilu selama 4 kali sidang akhirnya Caleg dari Partai Demokrat Daerah Pemilihan (Dapil) 4, Kornelius Posse Tana Toraja diputusan bahwa Memenuhi Syarat sebagai Calon Legislatif.

Setelah sempat dicoret oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tana Toraja karena dianggap Tidak Memenuhi Syarat (TMS) pasalnya tidak melampirkan SK pengunduran diri dari jabatan sebagai sekretaris BLUD RSUD Lakipadada.

Namun dalam pembacaan hasil putusan sidang adjukasi sengketa proses pemilu, yang dibacakan oleh Ketua Bawaslu Tana Toraja, Serni Pindan, menyebutkan bahwa putusan KPU Tana Toraja yang mencoret caleg Demokrat dari Dapil 4 nomor urut lima, Kornelius Posse dari DPT agar segera dibatalkan.

Berdasarkan hasil pemeriksaan saksi dan barang bukti yang menyatakan bahwa yang bersangkutan sejak Agustus 2018 lalu telah mengundurkan diri dari jabatan selaku Sekretaris BLUD RSUD Lakipadada, sementara penetapan DCT dilakukan pada 20 September 2018, hanya saja  pada saat itu Kornelius, tidak melampirkan SK pengunduran diri karena ketidak pahamannya.

Menanggapi putusan Bawaslu Tana Toraja tersebut ketua DPC Demokrat Tana Toraja, Satria Ganda Mangiri, yang di konfirmasi melalui selulernya, mengatakan sangat bersyukur dengan adanya keputusan Bawaslu tersebut. Rabu (30/01/2019)

“Kami sangat bersyukur dengan keputusan Bawaslu. Dan dalam kasus adjukasi ini tidak ada yang menang dan kalah karena semua melaksanakan tupoksinya dengan baik ” kunci Satria.

Ditempat terpisah, Ketua KPU Tana Toraja, Risal Randa yang dikonfirmasi via selulernya mengatakan, bahwa sesuai aturan KPU, yang bersangkutan diberi kesempatan selama 3 hari kedepan. Untuk menindak lanjuti keputusan Bawaslu tersebut, oleh karenya KPU akan segera melakukan pleno. (Bng)

LP                     : Bebing

Redaksi   Editor  : ant*

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed